apa-itu-deep-web-dark-web-darknet

Apakah kalian pernah mencoba untuk sekedar mengetahui sebenarnya seberapa luas atau besar kah sih dunia internet itu? Padahal yang harus kalian ketahui fakta nya, dunia internet itu sangat-sangatlah besar, dengan memilikki sekitar kurang lebih satu miliar situs web. Dan setiap hari nya selalu ada ribuan situs web baru yang bermunculan.


Oh iya.. kenyataan nya adalah hanya 4% dari internet yang dapat diakses melalui mesin pencari (contoh : Google). Nah sisa nya yaitu 96% konten web lainnya hanya bisa dan dapat diakses dengan melalui alat / software tertentu saja. Nah.. didalam 96% ini, terdapat yang nama nya Dark Web, Deep Web & Darknet.

Dark Web, Deep Web & Darknet ini memberikan bukti yang jelas tentang keberadaan web yang super tersembunyi yang sebagian besar nya dari kita tidak pernah disadari. Maka oleh sebab itu, dalam artikel kali ini, kita akan membahas tentang apa itu Deep Web, Dark Web & Darknet.

Apa itu DeepWeb?

Perayap mesin telusur (search engine crawlers) yang belum atau bahkan tidak melakukan pengidentifikasian terhadap berbagai bagian dari internet (contoh : website), nah bagian yang tidak dirayap, tidak diketahui itu bisa disebut dengan yang nama nya Deep Web.

Normal nya, situs web yang kalian temukan di Deep Web itu akan membatasi perayap (crawler) search engine untuk merayapi dan mengindeks laman web tersebut. Namun, deep web ini tidak se seram yang kalian pikir kok.

Deep Web hanya lah bagian dari internet yang tidak dapat diketahui / dilihat oleh perayap search engine. Misalnya, situs-situs web untuk mengunduh film bajakan terbaru biasanya menyembunyikan jaringan nya dari mesin pencari dengan alasan untuk menghindari hukuman copyright yang sah. Jadi, inilah yang disebut dengan Deep Web.

Apa itu Darknet?

Darknet berbeda dengan Deep Web. Darknet ini adalah sebuah jaringan yang dibangun di atas internet. Darknet secara eksplisit dirancang untuk 'anonimitas', dan salah satu darknet tersebut adalah Tor atau The Onion Router.

Nah.. biasanya, orang-orang menggunakan Tor untuk berselancar secara anonim, karena Tor ini memilikki banyak situs web dan layanan yang tersembunyi yang tidak dapat kalian akses dengan hanya bermodalkan internet biasa.

Cara Tor untuk mengunjungi situs web tersebut yaitu dengan menggunakan 'Tor Hidden Service Protocol'. Oh iya, sebuah situs web pada jaringan Tor harus ber ekstensi .onion

Ada contoh lain dari Darknet, yaitu Friend-To-Friend. Jaringan F2F ini adalah sejenis jaringan seperti peer-to-peer yang dimana pengguna nya hanya membuat koneksi secara Direct / langsung dengan jaringan orang-orang yang sudah ditentukan nya. Untuk mengotentikasi koneksi diantara pengguna nya, biasa nya dengan menggunakan password dan sebagai nya.

Apa itu Dark Web?

Well.. secara singkat dan sederhana, Dark Web adalah 'World Wide Web' nya dari darknet seperti Freenet, Tor, dll.

Begini perumpamaan nya, jadi, jika internet biasa contohnya Youtube, FB, Instagram dan semacamnya itu kan bisa diakses melalui mesin pencari. Nah Dark Web ini adalah kebalikan nya dari internet biasa. Jadi Dark Web ini sama sekali tidak bisa ditemukan, dicari, diketahui dengan hanya bermodalkan internet biasa (browser / search engine yang umum).

Jadi, Dark Web adalah bagian dari Deep Web yang memang sengaja disembunyikan dan tidak dapat diakses melalui browser internet standar.

Darkweb ini adalah bagian tergelap dari internet dan dikenal dengan pasar (marketplaces) yang digunakan untuk menjual produk illegal seperti obat-obatan / senjata illegal.

Singkat nya, Dark Web ini adalah sebagai Blackmarket nya internet.


Demikian penjelasan tentang Apa itu Deep Web, Dark Web & Darknet. Gimana pendapat kalian tentang ini? Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih.

2 Comments

Post a Comment