Alasan-Simbol-Icon-Tombol-Power-(Power-Button)-Berbentuk-Seperti-ini

Pernahkah kalian terpikirkan mengapa gambar tombol power memilikki bentuk seperti itu?

Yah, memang tidak diragukan lagi bahwa ikon tombol power ini memang sangat ikonik banget. Dikarenakan pasti semua orang mengenali dengan icon atau simbol tombol power ini.

Sekarang kita bahas tentang simbol tombol power ini, yang sering kita lihat di berbagai perangkat elektronik yang digunakan untuk menghidupkan atau mematikan perangkat elektronik.

Sebenarnya pada sejarah nya jaman dahulu kala, kita tidak mengenal power button memilikki simbol / ikon. Sebab pada jaman dahulu, tombol power itu hanya diberi tulisan 'on dan 'off' saja.


Kalian harus mengetahui bahwa bagian yang melingkar yang sering kita lihat di tombol power memang benar-benar menggambarkan bilangan biner 0 atau off (tidak aktif), dan garis yang kita lihat menggambarkan bilangan biner 1 atau on (aktif).
Alasan-Simbol-Icon-Tombol-Power-(Power-Button)-Berbentuk-Seperti-ini
Simbol Power Button
Pada tahun 1973 mulai diperkenalkan simbol / ikon tombol power (power button) oleh International Electrochemical Comission. Mereka juga memperkenalkan simbol-simbol grafis yang berkaitan dengan penggunaan perangkat elektronik.

Namun, pembuatan grafik simbol tersebut tidak dibuat secara 'ngasal', sebenarnya itu memang menandakan sesuatu.

Balik lagi ke pembahasan simbol tombol power. Nah.. bagian melingkar yang kita lihat di tombol power sebenarnya mewakili bilangan biner 0 (off state), dan garis yang kita lihat mewakili bilangan biner 1 (on state).

Alasan lain mengapa simbol tombol power diperkenalkan adalah untuk memudahkan orang-orang memahami penggunaan tombol power, karena pada jaman dahulu orang-orang selalu merasa kesulitan untuk memahami teks 'on' dan 'off' yang tertulis di tombol power. Oh iya.. simbol tombol power juga sekarang digunakan di dalam antar muka (user interface) elektronik digital.
Alasan-Simbol-Icon-Tombol-Power-Berbentuk-Seperti-ini
Simbol tombol power
Tidak hanya itu saja, tetapi ada lebih dari satu simbol tombol power di dalam teknologi sekarang ini, dan masing-masing dari simbol tersebut mengartikan sesuatu yang berbeda-beda pula.

Simbol yang memilikki garis setengah di dalam lingkaran, itu menunjukkan bahwa tombol power tidak akan memotong daya sepenuhnya.

Sebaliknya, itu akan membuat perangkat elektronik kalian dalam mode siaga.

Demikian pula, simbol yang memilikki garis di dalam lingkaran berarti itu akan mengubah daya ON / OFF sepenuhnya.

Tombol toggle atau rocker yang memilikki garis di luar lingkaran artinya mengalihkan tombol di setiap sisi untuk mematikan / menghidupkan daya sepenuhnya.


Jadi, bagaimana pendapat kalian tentang hal ini? Sekian untuk artikel kali ini, semoga menambah wawasan untuk kalian semua. Terimakasih.


Post a Comment