penjelasan-virus-worm-trojan-malware-spyware-adware

Bingung dengan istilah apa itu virus, trojan, worm, spyware, malware adware? untuk mengetahui perbedaan utaman antara trojan, virus, malware, spyware dan adware bacalah di artikel kali ini sampai akhir.

Apa saja perbedaan antara Virus, Worm, Trojan, Spyware, Adware?

Mayoritas di tahun sekarang ini semua orang termasuk kalian pasti sudah akrab dengan dunia internet, jadi bisa dipastikan juga kalian akrab dengan berbagai istilah seperti Virus, Worms, Trojan, Spyware, Malware, Adware dll. Sebagian besar orang menganggap ini semua sebagai virus..hayoo ngaku?. Namun, kenyataan 'mereka' semua memilikki karakteristik yang berbeda-beda.

Nah.. oleh sebab itu maka dalam artikel kali ini kita akan membahas semua hal yang berkaitan dengan itu semua. Oh iya.. yang harus kalian ketahui bahwa ada satu hal, istilah seperti virus, trojan adalah jenis perangkat lunak berbahaya yang akan kita sebut sebagai Malware.

Nah.. hal yang terburuk adalah ada beberapa malware yang memang dimaksudkan untuk merusak perangkat / device kalian, mencuri data privasi, dan bahkan bisa memata-matai kalian (spying).


Jadi, yuk langsung saja mari kita ketahui tentang istilah Worm, Virus, Trojan, Adware dan Spyware.

Apa itu Worm?

apa-itu-worm
Worm
Worm adalah sebuah malware yang memilikki karakteristik yang mampu untuk melakukan replikasi diri (replicate). Tujuan utama Worms ini adalah untuk menyebarkan eksistensi worm itu sendiri dan juga secara otomatis mentransfer worm tersebut ke komputer yang lain.

Worm ini biasanya menyebarkan dirinya sendiri melalui internet atau melalui media penyimpanan seperti USB Flashdsik dan sebagainya. Namun, Worms ini tidak membahayakan komputer sama sekali, mungkin hal yang merugikan kita ketika terjangkit worms ini adalah dihabiskan nya ruang space disk drive kalian, akan tetapi worm ini tidak merusak file sistem komputer.

Apa itu Virus?

apa-itu-virus
Virus
Yah, virus memilikki kemiripan seperti worms, seperti mampu mereplikasi diri. Namun, virus ini lebih berbahaya dibandingkan dengan worms karena virus dapat merusak sistem komputer kalian. Mereka dapat mengganggu proses alur kerja sistem komputer kalian, menginstall aplikasi / software yang tidak diinginkan tanpa sepengetahuan kalian dan banyak lagi.

Namun dengan begitu, virus juga ternyata memilikki kelemahan nya juga lho.. contohnya, virus dapat melakukan tugas mereka JIKA virus tersebut mendapat dukungan dari program host nya itu sendiri.

Virus bisa menyebar melalui lagu, video dan aplikasi. Ada berbagai jenis virus komputer yang tersebar di internet, contohnya seperti Macro Viruses, Master Boot Record Viruses, Boot Sector Viruses, Polymorphic Viruses dan sebagai nya.

Apa itu Trojan?

apa-itu-trojan
Trojan
Trojan jauh lebih berbeda dibandingkan dengan virus atau worm. Tapi, tujuan trojan ini tidak dimaksudkan untuk merusak atau menganggu file sistem. Satu-satunya tujuan trojan adalah menyediakan gateway backdoor dari tempat dimana program jahat (malicious software) atau hacker untuk bisa dapat memasukki dan mengganggu sistem kerja komputer kalian.

Oh iya.. biasanya, trojan ini digunakan untuk mencuri privasi data-data sensitif dari kpmputer korban tanpa se izin pemilik nya, dan inilah alasan mengapa trojan itu jahad bin berbahaya.

Apa itu Adware?

apa-itu-adware
Adware
Adware berbeda dari trojan, virus ataupun worms. Tujuan adware ini dimaksudkan untuk menampilkan iklan-iklan yang mengganggu di komputer atau smartphone kalian.

Adware ini biasanya merasuki komputer / smartphone korban melalui freeware software, dan perlu diketahui adware juga tidak merusak sistem komputer / smartphone kalian, akan tetapi yang  nyebelin nya adalah adware ini dapat memperlambat performance kinerja komputer / smartphone kalian.

FYI, Adware ini sering dijadikan sumber utama bagi pengembang (developer) untuk menghasilkan pundi-pundi pendapatan nya. #NyariDuitGituAmat

Apa itu Spyware?

apa-itu-spyware
Spyware
Sama seperti adware, spyware juga dilengkapi dengan program yang kalian download dari internet. Tujuan Spyware ini dimaksudkan untuk melacak kebiasaan (habit) browsing kalian dan juga melacak secara detail data-data privasi pribadi pemilik komputer / smartphone yang sudah terjangkit.

Cara kerja spyware ini yaitu jika kalian menginstall file aplikasi dari internet yang didalam nya terdapat spyware, maka secara otomatis spyware melakukan pekerjaan mereka secara diam-diam tanpa sepengetahuan kalian dan mereka bekerja sebagai program yang berdiri sendiri (standalone software)


Jadi, itu adalah penjelasan perbedaan utama antara Worms, Virus, Adware, Trojan dan Spyware. Ke lima hal tersebut tidak dapat melakukan banyak kerusakan jika perangkat device kalian sudah memilikki solusi keamanan antivirus yang tepat.

Jadi, Selalu pastikan untuk selalu memperbarui software perangkat kalian. Jika memungkinkan, gunakan antivirus untuk menghindari serangan malware.

Semoga artikel kali ini menambah wawasan kalian tentang worms, virus, malware dan sebagai nya. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Post a Comment