penjelasan-perbedaan-antara-upgrade-dan-upgrade

Persamaan Update (memperbarui) dan Upgrade (meningkatkan) adalah keduanya sama-sama merupakan cara yang dimaksudkan untuk membuat perubahan pada perangkat lunak atau sistem operasi. Namun, di dalam konteks update dan upgrade ini, pasti setidaknya ada modifikasi yang dilakukan. Jadi, di artikel kali ini, kita akan membahas tentang perbedaan di antara update dan upgrade.

Penjelasan Antara Update dan Upgrade?

Nah, di dunia yang serba digital ini, pasti banyak hal yang membingungkan kita. Mungkin salah satu nya hal yang membingungkan kita adalah ketika membedakan antara apa itu update dan upgrade.

Karena pasti ada kala nya kita perlu memperbarui (update) hal-hal seperti sistem di komputer kita, dan juga kemudian ada waktu nya juga kita perlu untuk melakukan upgrade. Namun yang harus kalian ketahui, kedua hal tersebut BERBEDA, tetapi memang kedua hal tersebut akan melakukan perubahan pada software / aplikasi yang berjalan di komputer / smartphone kita.

Oh iya.. harus dipahami juga bahwa update dan upgrade kedua nya merupakan cara yang BERBEDA untuk membuat perubahan pada sebuah sistem software / aplikasi, dan atau sistem operasi. Di antara kedua hal tersebut, pasti ada banyak hal yang dimodifikasi agar menjadi lebih baik.


Jadi, di artikel kali ini, kita akan membahas tentang apa itu update dan upgrade serta dengan perbedaan utama di antara kedua hal tersebut.

Apa Itu Yang Disebut Dengan Update?

Pembaruan atau update adalah sesuatu yang pasti akan lebih sering dilakukan dibandingkan dengan Upgrade (peningkatan).

Nah.. update ini ditujukan untuk melakukan perubahan pada sebuah perangkat lunak / sistem operasi.

Namun, Update ini TIDAK mengubah struktur inti dari sebuah perangkat lunak / sistem operasi. Sebagian besar perubahan pembaruan yang sering dilakukan pada komputer / smartphone adalah seperti penambahan security patches, penambahan driver baru, fix bug, menambah fitur-fitur baru dan sebagai nya itu disebut sebagai update.

Perlu diperhatikan juga bahwa update itu biasanya berukuran kecil namun tidak menutup kemungkinan size nya berukuran besar dan dapat dipasang / di install hanya dalam beberapa menit.

Ukuran update juga bisa berbeda, namun tetap masih dalam batas ukuran MB (MegaByte).

Apa Itu Yang Disebut Dengan Upgrade?

Upgrade melakukan perubahan pada perangkat lunak / sistem operasi secara signifikan, dan disaat melakukan proses upgrade ini bisa memakan waktu hingga berjam-jam sesuai besar nya size file Upgrade.

Misalnya, jika kalian ingin beralih dari Windows 7 ke Windows 10, nah itu disebut dengan upgrade, bukan update.

Proses peningkatan / upgrade ini mencakup berbagai fitur-fitur baru yang tidak ditemukan dalam versi sistem operasi yang sebelumnya.

Hal yang sama terjadi dengan aplikasi juga, misalnya, jika kalian mengganti dari Adobe Photoshop CS4 ke Photoshop CS5, itu akan juga disebut upgrade.

Ukuran Upgrade biasanya pasti lebih besar dibandingkan ukuran Update, dan perlu menghabiskan lebih banyak waktu untuk melakukan proses upgrade di device kalian.

Perbedaan Update dan Upgrade

  • Update sering kali gratis karena termasuk dalam biaya yang kalian keluarkan pada saat membeli software. Namun berbeda dengan Upgrade, biasanya pihak developer mungkin akan menagih biaya baru.
  • Upgrade lebih besar dan lebih kompleks dibandingkan dengan update. Upgrade biasanya bisa menghabiskan waktu hingga berjam-jam untuk sampai berhasil di pasang di device kalian, sementara kalau update dapat dipasang hanya dalam hitungan menit.
  • Update sering kali terjadi untuk memperbaiki bug, penambahan security patch, penambahan fitur baru dll. Sedangkan upgrade benar-benar membawa perubahan terhadap software yang sangat signifikan.
  • Upgrade juga membuat perubahan yang siginifikan bisa dilihat pada nomor versi software. Misalnya, Android 6.0 di upgrade ke Android 7.0, atau Windows 7 di upgrade ke Windows 10

Jadi, itu semua adalah perbedaan yang signifikan antara Upgrade dan Update. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian yang sedang bingung dengan istilah Update dan Upgrade, terima kasih.

Post a Comment