4 Cara Memperbaiki Fix BSOD DRIVER_CORRUPTED_EXPOOL

Sama seperti semua kesalahan BSoD (Blue Screen of Death) lainnya, DRIVER_CORRUPTED_EXPOOL dapat menyebabkan banyak masalah pada Windows 10, karena error BSoD seperti ini sering me-restart komputer kalian. Nah.. jika kalian sekarang sedang mendapati error BSoD 'DRIVER_CORRUPTED_EXPOOL' ini, kalian bisa coba metode cara agar memperbaiki error Driver Corrupted Expool ini.

Well... jika kalian telah lama menggunakan sistem operasi Windows, mungkin kalian setidaknya pernah berurusan dengan kesalahan error BSoD. Nah.. kesalahan Blue Screen of Death ini selalu terjadi secara tiba-tiba dan otomatis komputer selalu me-restart.

Baru-baru ini banyak pengguna OS Windows mengalami kesalahan error BSoD Driver_Corrupted_Expool ini. Biasanya muncul kesalahan error tersebut terjadi karena ketidakcocokan driver komputer dengan Sistem Operasi (OS) Windows nya dan juga bisa jadi juga karena file konfigurasi driver nya yang rusak.

4 Cara Memperbaiki FIX 'DRIVER_CORRUPTED_EXPOOL'

Jika kalian Sedang mengalami error tersebut, silahkan coba ikuti 4 metode sederhana ini untuk memperbaiki nya. seperti dibawah ini :

#1. Uninstall driver yang bermasalah (Problematic Driver)

Harus kalian pahami bahwa kesalahan ini bisa terjadi umumnya karena driver yang tidak kompatibel ataupun rusak. Jadi, cara nya kalian harus mengeksplorasi Device Manager, lalu cari problematic driver nya. Setelah ditemukan, uninstall problematic driver untuk menyelesaikan masalah driver_corrupted_expool ini di Windows 10.
  • 1. Pertama-tama, buka box RUN dialog dengan cara tekan tombol Windows + R
  • 2. Pada kotak Dialog RUN, ketik devsmgmnt.msc dan tekan enter
    Fix 'DRIVER_CORRUPTED_EXPOOL' Error
  • 3. Masih pada panel Device Manager, klik kanan pada driver yang bermasalah (ditandai dengan tanda seru) dan pilih uninstall.
    Fix 'DRIVER_CORRUPTED_EXPOOL' Error
  • 4. Restart komputer untuk memperbaiki kesalahan BSOD tersebut

#2. Perbarui driver yang usang (outdated drivers)

Nah jika cara #1 gagal memperbaiki driver yang bermasalah, sehingga pesan BSoD masih tetap muncul, maka kalian bisa mencoba memperbarui update driver dengan bantuan software aplikasi pihak ketiga (third-party access).
Karena menemukan driver yang lama / usang secara manual mungkin untuk sebagian orang merupakan tugas yang merepotkan. Jadi, disarankan untuk menginstall dan menggunakan software update driver pihak ketiga untuk mendapatkan driver yang lebih baru. Seperti aplikasi Driver Reviver atau IObit Driver Booster.
Fix BSoD 'DRIVER_CORRUPTED_EXPOOL'

#3. Disable (Nonaktifkan) Antivirus & Firewall 

Pada Windows 10, Antivirus & Firewall adalah perangkat lunak yang pasti ada dan sangat dibutuhkan. Alat-alat ini menawarkan keamanan dan perlindungan tambahan, tetapi terkadang antivirus & firewall ini dapat menyebabkan masalah DRIVER_CORRUPTED_EXPOOL', jadi, untuk memperbaiki kesalahan ini, bisa kalian coba nonaktifkan Antivirus & Firewall.
Fix BSoD 'DRIVER_CORRUPTED_EXPOOL'
Setelah dinonaktifkan, coba cek apakah masih muncul pesan error tersebut? Jika masih mendapatkan pesan error BSoD tersebut, maka gunakan lah langkah terakhir berikut ini.

#4. Reset Komputer/PC (Windows)

Jika metode #1 sampai #3 yang disampaikan diatas masih gagal untuk memperbaiki pesan BSoD DRIVER_CORRUPTED_EXPOOL dari komputer Windows 10 kalian, maka cara terakhir.. Kalian perlu me-reset ulang PC. Namun, perlu diingat bahwa dengan me-reset ulang akan menghapus setiap pengaturan dan file-file yang ada di PC kalian. Jadi, pastikan untuk membuat cadangan backup file dan folder sebelum kalian melakukan reset ulang komputer.
  • 1. Buka Notification Center lalu klik All Settings
    Fix BSoD 'DRIVER_CORRUPTED_EXPOOL
  • 2. Di halaman setting, klik Update and Security
    Fix BSoD 'DRIVER_CORRUPTED_EXPOOL
  • 3. Di halaman Update & Security, pilih Recovery lalu klik Get Started
    Fix BSoD 'DRIVER_CORRUPTED_EXPOOL
  • 4. Sekarang kalian klik Remove Everything
    Fix BSoD 'DRIVER_CORRUPTED_EXPOOL'
  • 5. Pada tab konfirmasi, klik Reset
    Fix BSoD 'DRIVER_CORRUPTED_EXPOOL'
Sekarang tunggu beberapa menit hingga reset komputer telah selesai. Jadi cukup sudah 4 metode terbaik untuk memperbaiki kesalahan pesan BSoD 'DRIVER_CORRUPTED-EXPOOL' versi blogbanana710.

Jika kalian memilikki metode lain untuk memperbaiki kesalahan BSoD ini, coba di share melalui kolom komentar dibawah ini.

Terimakasih! Stay Tune!

Post a Comment