penjelasan-perbedaan-antara-format-doc-docx-microsoft-word

Format .DOC dan .DOCX adalah dua format dokumen Microsoft Word yang paling sering kita gunakan. Kedua ekstensi ini adalah milik file Microsoft Word dan dapat digunakan untuk seperti menyimpan gambar, tabel, berbagai jenis format text, bagan (charts), dan lain-lainnya.

Jadi, apa perbedaan yang sebenarnya antara ekstensi file format .DOC dan .DOCX? Sebenarnya, kedua file ekstensi ini cuma hanya memilikki sedikit perbedaan antara satu sama lain nya.


Maka oleh sebab itu dalam artikel kali ini, saya akan menjelaskan perbedaan paling utama antara format .DOC dan .DOCX.

Jadi Apa Atuh Perbedaan Yang Sebenarnya antara Format .DOC dan .DOCX ?

well, sederhana nya, format .DOC adalah jenis file pertama yang sudah sangat berumur (tua) dan Microsoft Word telah menggunakan format .DOC ini sebagai tipe file default untuk waktu yang sangat lama. Perlu kalian ketahui, format .DOC ini telah digunakan sejak Microsoft Word rilis untuk pertama kali nya untuk MS-DOS.

Disisi lain, format .DOCX telah dikembangkan oleh Microsoft sebagai suksesor format .DOC. Jadi, .DOCX adalah tipe file format atau ekstensi yang relatif lebih baru yang berisi lebih banyak fitur daripada format .DOC

Microsoft juga memperkenalkan DOCX sebagai standar baru untuk software pengolah kata (Microsoft Word) dan juga dikarenakan alasan meningkatnya persaingan dari software open source gratis seperti Open Office dan ODF.

Di DOCX, pekerjaan perkodingan dilakukan dalam mode XML. Bahkan, huruf X didalam .docX adalah singkatan dari XML.

Suksesor dari .DOC yakni .DOCX juga mendukung beberapa fitur-fitur lanjutan dan juga membawa beberapa perbaikan seperti ukuran size nya yang lebih kecil dan didukung oleh mayoritas aplikasi office pihak ketiga (third-party office applications).

Bagaimana Cara Mengkonversi File DOC ke DOCX?

Biasanya, sebagian besar aplikasi pengolah kata Microsoft Word yang membuka file .DOC dapat mengkonversi dokumen nya ke format file .DOCX. Namun, jika kalian menggunakan Ms. Word 2003, kalian tidak dapat membuka file .DOCX karena masalah kompatibilitas. (Emang nya masih ada ya jaman sekarang menggunakan Ms. Word 2003? hahaha)

Jadi, jika kalian ingin meng-konversi DOC ke format DOCX, kalian hanya perlu membuka file format .DOCX tersebut MINIMAL di Ms.Word 2007 atau lebih baru, lalu setelah itu kalian tinggal simpan sebagai (save as) ke dalam format .DOC

Nah, untuk dicatat juga bahwa sebenarnya Microsoft juga merilis paket kompatibilitas (compatibility pack) untuk versi lama dari Microsoft Word untuk bisa support file format .DOCX

Oh iya, kalian juga dapat menggunakan alat aplikasi lainnya seperti LibreOffice Writer, Google Docs, dll untuk meng-konversi file DOC ke format yang lain.

Jadi, Manakah yang lebih baik di antara format .DOC dan .DOCX?

Menurut pendapat saya, format .DOCX tampaknya benar-benar lebih baik.. dikarenakan dapat menghasilkan output ukuran file yang lebih kecil serta lebih ringan.


Namun dengan begitu format .DOCX juga dapat menimbulkan masalah JIKA kalian membuka format .DOCX dengan menggunakan aplikasi Microsoft Office 2003 atau yang lebih tua dari itu. karena aplikasi Ms.Word 2003 atau yang lebih tua dari itu tidak support membuka jenis file format .DOCX.

Demikian Penjelasan tentang perbedaan antara file format .DOC dan .DOCX di Microsoft Word. semoga kalian menjadi lebih paham tentang hal ini. semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih.

Post a Comment