mengenal-10-virus-android-paling-berbahaya
Mengenal 10 Virus Android Paling Berbahaya
Konteks virus didalam sebuah perangkat (komputer, smartphone) adalah bisa dikatakan sebagai infeksi atau malware yang dapat mengubah perilaku sistem dengan cara yang menyimpang. Virus yang sangat berbahaya bahkan bisa merusak perangkat hardware, ini bisa saja terjadi walaupun kasus ini sangat jarang.

Nah.. Android adalah salah satu sistem operasi yang paling stabil dan bisa dikatakan paling aman dari serangan berbagai jenis virus. Meskipun jarang terjangkit virus, sebenarnya ada beberapa virus yang sangat berbahaya yang dapat merusak sistem android smartphone itu sendiri.


Berikut didalam artikel kali ini saya akan mengenalkan kepada kalian gambaran secara singkat tentang 10 Virus Android Paling Berbahaya :

1. GODLESS
Ini adalah virus yang paling berbahaya. Virus ini menyerang OS Android 5.1 keatas, bahkan virus ini bisa ditemukan di aplikasi Google Play sekali pun. Cara bekerja virus ini secara tersembunyi, menunggu layar smartphone mati kemudian melakukan proses rooting tanpa diketahui pemilik smartphone. Jika sudah terjangkit virus ini, secara tiba-tiba terpasang berbagai aplikasi yang tersembunyi, dan bisa dipakai untuk memata-matai apapun terhadap pemilik smartphone.

2. SCHEDUN
Sebuah malware android yang sudah terkenal yang dapat menyebabkan android kalian me-rooting secara otomatis tanpa diketahui oleh kalian, bertujuan untuk membuat jalur agar memunculkan semua iklan-iklan yang mengganggu disana-sini secara otomatis. Biasanya malware ini terdapat diaplikasi yang kalian download dan install selain dari Google Play. Perlu kalian ketahui bahwa malware / virus ini tidak dapat dihapus dengan mudah dan cara paling ampuh adalah dengan melakukan flash ulang.

3. GUNPODER
Virus ini terdapat di emulator pihak ketiga (third-party emulator) dari konsol Nintendo yang di unduh selain dari Google Play Store. Virus ini menyatu dengan aplikasi pihak ketiga yang dapat menyebabkan berbagai kerusakan sistem smartphone kalian dan yang berbahaya adalah dapat meretas akun-akun game online kalian. Untuk menyingkirkan virus ini, kalian dapat melakukan factory reset.

4. HUMMINGBAD
Smartphone yang terjangkit virus ini dapat mengunduh dan menginstall berbagai aplikasi ganggu secara otomatis dan dapat mencuri informasi-informasi penting tanpa sepengetahuan dan izin pemilik smartphone. Seolah-olah kalian sudah kehilangan kendali atas data-data yang tersimpan di smartphone kalian.

5. CLONED AND COPIED APPS
Usahakan jangan mendownload aplikasi "Clone Apps" atau sejenisnya SELAIN dari Google Play karena dapat mendorong kalian ke dalam masalah yang menyebabkan smartphone kalian diperintahkan secara otomatis untuk mengirimkan semua informasi penting ke hacker yang memodifikasi aplikasi tersebut.

6. DROIDSNAKE TYPE A
DroidSnake Type A adalah salah satu virus berbahaya. Malware ini muncul seolah-olah sebagai game yang dikenal sebagai Tap Snake. Tapi, setelah pengguna memainkannya, secara otomatis memicu koordinat GPS ke hacker dan diam-diam bekerja di background apps kemudian menginstall beberpa aplikasi yang nantinya digunakan untuk mengirim semua informasi pemilik smartphone tersebut.
Karena aplikasi ini beroperasi di background apps maka dapat dengan mudah terlihat, jadi kalian perlu mencari proses background apps tersebut lalu menghapusnya.

7. GEINIMI
Geinimi atau (Android.Geinimi) adalah salah satu virus umum yang digunakan oleh hacker untuk menjebak korban nya. Virus ini merepresentasikan dirinya sebagai aplikasi game dan setelah diinstall, virus ini dengan mudah nya mengumpulkan data dari smartphone kalian.
Cara terbaik untuk menghapus virus Geinimi ini adalah dengan memeriksa running process. Jika kalian menemukan proses yang dikenal sebagai Android.Geinimi, kalian harus menghentikan dan menghapus nya secepat mungkin.

8. ZEAHACHE
Zeahache sering digunakan sebagai aplikasi rooting. Aplikasi ini mengklaim bahwa itu dapat meningkatkan izin pengguna smartphone. Namun kenyataan nya Zeahache ini dapat membuka beberapa backdoor pada smartphone kalian yang berakhir dengan pencurian data. jadi berhati-hati lah melakukan rooting android.

9. DROIDDREAM
Menurut perusahaan keamanan Symantec, Android.DroidDream telah menginfeksi hampir 200.000 smartphone sejak 2011, Virus ini bertindak sebagai aplikasi rooting, tetapi dengan menginstall beberapa program malware yang dimaksudkan untuk mengirim informasi pemilik kepada hacker.
Antivirus standar bawaan android dapat mendeteksi DroidDream, tetapi hanya yang premium yang efektif dalam menghapus virus ini.

10. UXIPP
Nah, virus ini dimaksudkan untuk merusak pengguna dalam mengoperasikan smartphone nya daripada menginfeksi smartphone nya. Android Uxipp dengan untuk mengirim SMS berbayar dari smartphone yang terinfeksi tanpa diketahui pengguna nya. Virus ini juga dapat membocorkan nomor IMEI dan IMSI dari perangkat yang terinfeksi.
Jadi, cara terbaik untuk menghindari virus ini adalah dengan menginstall Malwarebytes dan menjalankan scan secara full.

Dengan membaca artikel ini, maka kalian telah mengenal 10 virus yang berbahaya yang dapat menyerang perangkat smartphone kalian. Alasan utama untuk menulis artikel ini adalah untuk membuat kalian sadar akan virus yang akan menyerang kalian kapan saja.

baca juga : Cara Mudah Melihat Password WiFi Yang Lupa di Android

Semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa dishare ya ke teman-teman kalian, terimakasih. 


2 Comments

  1. Kirain gw android bebas virus, ternyata masih ada juga virusnya yg bisa meinfeksi systemnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap betul, intinya selalu berhati-hati dari .apk selain dari PlayStore.

      Delete

Post a Comment