penyebab-mengapa-artikel-yang-baru-di-publish-tidak-di-index-oleh-google
Penyebab artikel baru tidak ter index oleh google
Kalian sedang bingung dan bertanya-tanya mengapa artikel yang baru di publish tidak ter index oleh google. Malah yang muncul setelah melakukan pencarian dengan metode Site:URL Blog adalah kalimat yang menyebalkan seperti :

  • Pastikan semua kata dieja dengan benar.
  • Coba kata kunci yang lain
  • Coba kata kunci yang lebih umum

Nah.. kejadian permasalahan ini baru saja di alami oleh blog yang saya kelola, artikel baru yang saya buat setelah di publish dan sudah melakukan Fetch As Google pun tetap tidak terindex secara langsung, biasanya hanya hitungan detik artikel baru yang kita publish dan sudah melakukan ritual Fetch As Google akan langsung muncul di Search Engine Google. perasaan sempat bingung dan kesal juga. setelah menunggu ber jam-jam bahkan sampai 5 hari saya cek tetap saja tidak muncul di hasil pencarian google.

Baca juga : Cara Memperbaiki Komentar Blog Yang Hanya Muncul Jumlah Komentarnya Saja

Akhirnya saya coba cek link URL artikel terbaru yang tidak terdeteksi oleh mesin pencari Google dengan menggunakan  Google Search Console terbaru. Cara nya sebagai berikut :

1. Masuk ke Setelan > Preferensi Penelusuran > Google Search Console > klik Edit
2. Klik Try the new Search Console
penyebab-mengapa-artikel-yang-baru-di-publish-tidak-di-index-oleh-google
Penyebab artikel tidak ter index oleh google
3.
Lalu masukkan URL artikel terbaru yang tidak terindex oleh Google
penyebab-mengapa-artikel-yang-baru-di-publish-tidak-di-index-oleh-google
Penyebab artikel tidak ter index oleh google
Dengan melakukan hal diatas, kalian akan mengetahui penyebab mengapa artikel yang kalian baru saja buat tidak langsung ter index oleh Google. Contohnya seperti salah satu artikel saya yang bermasalah ini. Google memberi tahu penyebab mengapa artikel tidak ter index.
penyebab-mengapa-artikel-yang-baru-di-publish-tidak-di-index-oleh-google
Penyebab artikel tidak ter index oleh google
Google akan memberi tahu alasan penyebab URL artikel yang baru di publish tidak di index. Misalnya terjadi karena adanya duplikasi konten, baik dari segi konten internal blog maupun duplikasi konten dari blog atau website lain, terdapat judul artikel yang identik dengan website atau blog orang lain dan sebagainya.
Nah.. Google memberi tahu alasan mengapa artikel saya tidak di index ternyata karena terdapat judul artikel yang identik. aduh ada-ada saja..

Solusi yang saya lakukan :

Menulis ulang artikel yang tidak di index oleh google (dengan melakukan perubahan kalimat-kalimat) untuk menghindari duplikasi konten internal, mengganti judul artikel agar tidak dianggap lagi identik oleh Google. Hasilnya setelah di publish ulang dan melakukan fetch as google, dalam hitungan detik artikel saya langsung ada di hasil pencarian Google.
Hasil yang diharapkan
Sekian, semoga saja cara yang saya lakukan ini dapat membantu menyelesaikan permasalahan kalian, karena terbukti oleh saya dan berhasil. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Post a Comment